welcome to my blog

Hai!!
the best future in heaven

Minggu, 11 Juli 2010

ilmu pengetahuan di DUNIA . bag. I


1. Purnama dan Gempa
menurut Pusat Pemanfaatan Sains Atmosfir dan Iklim Lembaga Penerbangan dan Antariksa, adanya hubungan antara bulan purnama dengan gempa. hal itu dikatakan bahwa efek pasanga maksimum bulan dan matahari bisa memicu pelepasan energi di lempeng bumi. dan ini akan dirasakan sebagai gempa. Pada saat bulan purnama, air pasang akibat gravitasi bulan diperkuat oleh gravitasi matahari yang berada hampir dalam satu garis. akibatnya air laut naik lebih tinggi dari pasang biasa.

2. Bulan Senyum di Langit Padang
peristiwa alam ini jarang sekali terjadi. awal desember 2008 di kota Padang dan sekitarnya diwarnai pemandangan langka. sekitar pukul 19.30 WIB langit Padang dihiasi bulan sabit tersenyum. bulan sabit yang ada diapit oleh dua bintang terang di bagian atas bulan. jadi, ketiga benda angkasa tersebut tampak menyerupai wajah manusia yang tersenyum. menurut warga setempat, peristiwa tersebut baru pertama kali mereka lihat.
sesungguhnya bintang yang berdekatan dengan bulan saat itu adalah planet venus dan jupiter. peristiwa dua planet yang terlihat dari bumi itu disebut konjungsi planet. bulan tersenyum itu tidak hanya dapat disaksikan di Padang, tetapi di tempat-tempat lain di Asia bagian Timur. Sedangkan jika dilihat dari Brazil, bulan akan terlihat seperti cemberut dan posisi Venus dan Jupiter ada di bawahnya.

1 komentar:

  1. Saya inget banget peristiwa itu....waktu itu saya dijogja, dan memang terlihat jelas banget....Kereenn bgt pokoknya.....*)

    BalasHapus